Saturday, June 2, 2012

TNI AL Adakan Musabaqoh Hifdzi Qur`an di Cilangkap

JAKARTA (Pos Kota) –
Untuk meningkatkan kemampuan menghafal prajuritnya, TNI Angkatan Laut mengadakan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ)/lomba menghafal Al Qur’an yang diselenggarakan Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Diswatpersal) di Auditorium Yos Sudarso Detasemen Markas (Denma) Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/7). Lomba menghafal Al Qur’an diikuti 36 orang yang terdiri dari 21 orang hasil seleksi Kotama TNI AL Wilayah Barat dan 15 orang dari Kotama TNI AL Wilayah Timur yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama, PNS sederajat dan Jalasenastri, dengan rincian Kategori 30 Juz diikuti oleh satu orang Perwira, Kategori 20 Juz diikuti oleh satu orang Bintara, kategori 10 Juz diikuti oleh satu orang Tamtama, Kategori 5 Juz diikuti oleh satu orang Perwira, satu Orang Bintara, dan dua orang Tamtama. Serta kategori 1 Juz diikuti oleh dua orang Perwira, tujuh orang Bintara, sembilan orang Tamtama, tujuh orang PNS dan empat orang anggota Jalasenastri.

Menurut Ketua Panitia Lomba MHQ Kolonel Laut (KH) Hasbullah Ahmad kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dalam menghafal Alquran dan menyiapkan pelaksanaan MHQ tingkat TNI dan tingkat Internasional Akademi Bersenjata di Arab Saudi. Lomba ini terdiri dari lima kategori yaitu hafalan 30 juz, hafalan 20 Juz, Hafalan 10 Juz, Hafalan 5 Juz, dan hafalan 1 Juz (Juz 1 atau juz 30). Dengan kriteria penilaian lomba yaitu Hafalan,Bacaan (lagu), Tajwid, Makhorijul huruf, dan Adabu Tilawah (penampilan).

 “Pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan Trophy tetap, uang pembinaan, piagam dan untuk pemenang kategori 5,10,20 dan 30 Juz akan diusulkan mendapat kesempatan ibadah haji/umrah melalui bantuan dinas serta khusus anggota militer akan diusulkan mengikuti MHQ tingkat TNI dan tingkat Internasional antar angkatan bersenjata di Arab Saudi,” kata Kolonel Laut (KH) Hasbullah Ahmad menambahkan. Tampak dalam gambar, seorang peserta lomba, Letda Laut (KH) Makarim Umar, saat membacakan hafalan Quran Surat Annisa kategori 30 Juz.


No comments:

Post a Comment